Recent Posts

Banner

Sabtu, 21 November 2020

RANGKUMAN MATERI BAB 2 IPS KELAS 8 GASAL "PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN"

 


PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN 

1)     Mobilitas berasal dari bahasa latin mobilis, yang berarti mudah dipindahkan
atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain.

2)    Kata sosial mengandung makna seseorang atau sekelompok warga dalam kelompok sosial.

3)    Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang
dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain.

4)    Mobilitas horizontal adalah perpindahan status sosial seseorang atau sekelompok orang dalam lapisan sosial yang sama. Mobilitas horizontal merupakan peralihan individu atau objek-objek sosial lainnya dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat. Pada mobilitas horizontal, tidak terjadi perubahan dalam derajat kedudukan seseorang.

5)    Menurut Paul B. Horton definisi mobilitas sosial adalah perpindahan tempat tinggal seseorang dari suatu tempat ke tempat lainnya.

6)    Menurut Kimball Young dan Raymond W. Mack: mobilitas sosial adalah suatu gerak dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi
suatu kelompok sosial. Struktur sosial mencakup sifat hubungan antar
individu dalam kelompok dan hubungan antara individu dan kelompoknya.

7)    Menurut Anthony Giddens: mobilitas sosial menunjuk pada gerakan dari orang perorang dan kelompok-kelompok di antara kedudukan-kedudukan sosial
ekonomi yang berbeda.

8)    Menurut Horton & Hunt: mobilitas sosial merupakan tindakan berpindah dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.

9)    Bu Marwah mengajar di sebuah SMP, setelah beberapa tahun beliau kini menjabat sebagai kepala sekolah. Contoh tersebut merupakan mobilitas sosial vertikal naik.

10)   Mobilitas sosial positif/naik yaitu perubahan atau dampak yang akan lebih
mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih baik.

11)   Mobilitas sosial negatif/turun yaitu perubahan atau dampak yang akan lebih mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih buruk.

12)   Mobilitas sosial terdapat beberapa bentuk, salah satunya adalah social sinking. Berikut ini yang merupakan contoh social sinking adalah jenderal menjadi letnan.

13)   Social climbing adalah mobilitas yang terjadi karena adanya peningkatan status atau kedudukan seseorang atau naiknya orang-orang berstatus sosial rendah ke status sosial yang lebih tinggi.

14)   Mobilitas sosial ada dua yaitu mobilitas sosial vertikal dan mobilitas sosial horizontal.

15)   Mobilitas sosial dalam bentuk pergantian pemimpin politik secara demokratis, dapat menimbulkan dampak terjadinya konflik sosial antara partai politik peserta pemilu.

16)   Adanya perbedaan ras (apartheid) yang pernah terjadi di Afrika Selatan merupakan contoh dari faktor penghambat mobilitas sosial dalam hal perbedaan ras.

17)   Mobilitas sosial horizontal dapat ditandai dengan ciri pokok perubahan kedudukan terjadi pada strata yang sama tanpa mengubah tinggi rendahnya.

18)   Mobilitas sosial di perkotaan sangat tinggi, hal ini disebabkan karena penduduknya heterogen dengan beraneka ragam pekerjaan.

19)   Faktor penghambat terjadinya mobilitas sosial adalah perbedaan ras dan agama, kemiskinan.

20)  Saluran mobilitas sosial dalam keluarga terbentuk melalui proses pernikahan.

21)   Saluran mobilitas sosial bidang organisasi profesi IDI, PGRI, IAI, PWI, HPI dan lain-lain.

22)  Mobilitas sosial pada masyarakat dapat menimbulkan dampak negatif jika terjadi disintegrasi.

23)  Mobilitas sosial yang mengakibatkan konflik, pada umumnya diakibatkan oleh adanya tuntutan yang berlebihan terhadap status sosial yang diharapkan.

24)  Konsep yang benar tentang masyarakat multikultural adalah masyarakat majemuk menitikberatkan pada keanekaragaman suku bangsa dan kebudayaannya.

25)  Faktor penyebab kemajemukan masyarakat Indonesia adalah kondisi geografis Indonesia.

26)  Faktor pendorong terjadinya kerukunan dalam kemajemukan agama di Indonesia adalah semangat hidup berbangsa dan bernegara.

27)  Indonesia mengakui adanya berbagai agama secara resmi dan memberikan kesempatan serta kebebasan kepada setiap warga negara untuk memeluk agama sesuai keyakinannya.

28)  Masyarakat yang memiliki berbagai kebudayaan seperti sistem kekerabatan, ilmu pengetahuan, bahasa, kesenian, religi, dan lain-lain disebut masyarakat multikultural.

29)  Latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh tiga faktor utama yaitu latar belakang kondisi geografis, historis, dan keterbukaan terhadap kebudayaan luar.

30)  Suku yang berasal dari Pulau Jawa antara lain Suku Sunda, Badui, Samin, Osing, Tengger, Madura, Jawa, Betawi.

31)   Tarian Saman berasal dari Provinsi Daerah Istimewa Nangro Aceh Darussalam, Tari Kecak dari Bali, Tari Jaipong dari Jawa Barat, Tari Yapong dari Betawi, Tari Piring dari Sumatera Barat, Tari Pendet dari Bali.

32)  Gambaran tentang terjadinya percekcokan, perselisihan, ketegangan atau pertentangan dalam masyarakat akibat adanya perbedaan, misalnya perbedaan ras ataupun suku bangsa disebut konflik sosial.

33)  Bentuk-bentuk konflik dalam masyarakat menurut Soerjono Soekanto yaitu konflik antarkelas sosial, konflik rasial dan konflik politik.

34)  Faktor penyebab konflik yang berkaitan dengan terganggunya keseimbangan sistem sosial antara lain adalah dekadensi moral.

35)  Contoh bentuk konflik horizontal adalah tawuran antar geng motor, percekcokan antar suporter sepak bola, ribut antar pendukung parpol.

36)  Konflik yang terjadi antara ras kulit putih dengan kulit hitam di Afrika Selatan disebut konflik rasial.

37)  Akibat positif dari konflik sosial bagi kelangsungan hidup masyarakat antara lain meningkatkan solidaritas kelompok.

38)  Akibat negatif dari terjadinya konflik sosial adalah memunculkan dominasi kelompok pemenang atas kelompok yang kalah.

39)  Konflik antara buruh dengan pengusaha yang seringkali terjadi, lebih banyak disebabkan oleh faktor perbedaan kepentingan.

40)  Mengintegrasikan kelompok masyarakat bukan berarti menghilangkan keanekaragamannya, sebab integrasi adalah penyatuan bangsa Indonesia yang tetap menjaga keanekaragaman fisik dan sosial budaya.

 

Sumber: Buku Paket IPS Kelas VIII Bab 2 REV 2017

 

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Blog ini digunakan untuk sharing berbagi ilmu
silahkan memberikan kritik dan sarannya secara sopan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Latest News

Back to Top